Lapar Di Tengah Malam??? Solusinya??

Standard

imagesPernahkah Anda menemukan diri Anda terbangun di tengah malam dan mendadak menjadi sangat lapar? Lapar itu kadang menjadi tidak tertahankan sehingga next thing you know, Anda sudah sibuk dengan seloyang pizza atau ayam goreng yang masih hangat.

Sebuah studi dari Oregon Health and Science University dan Harvard University menemukan bahwa rasa lapar di tengah malam merupakan panggilan natural tubuh kita. Tubuh kita ternyata mempunyai waktu internal, the circadian system, yang menyebabkan lapar tengah malam. Bagaimana para peneliti itu mengetahuinya?

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan beberapa partisipan di sebuah ruangan hotel selama dua minggu tanpa TV, internet, telpon, atau pengunjung. Mereka sengaja menyetel lampu cukup redup sehingga partisipan tidak pernah mengetahui waktu yang mereka lalui. Kemudian para peneliti akan mengatur jadwal partisipan: kapan mereka makan, tidur. Mereka mengatur setiap jam internal tubuh partisipan sehingga jika partisipan tidur di jam dua siang, dia akan merasa seperti sedang tidur di malam hari.

Berdasarkan eksperimen tadi ternyata para peneliti menemukan bahwa manusia memang merasakan lapar yang luar biasa di malam hari, tidak peduli apa yang mereka sedang lakukan. Para peneliti berspekulasi bahwa, “Sepertinya ini ada hubungannya dengan perubahan kekuatan koneksi nafsu makan di tengah-tengah otak manusia (lebih banyak neurotransmitter yang dikeluarkan, lebih banyak receptors dan menguatkan synapses),” ungkap Stephem She, PhD, ketua peneliti dan direktur Center for Research on Occupational and Environmental Toxicology di Oregon Health & Science University.

“Circadian pacemaker utama yang mengontrol ritme sehari-hari kita berasal dari grup sel di dalam hypothalamus di dalam otak. Beberapa bagian dari sirkuit otak yang juga mengatur nafsu makan manusia kita juga berada di hypothalamus. Jadi jelas, ada koneksi diantara kedua sistem itu,” lanjutnya.

Namun selain alasan di atas, lapar di tengah malam juga ternyata bisa disebabkan oleh pola makan dan aktivitas kita yang tidak sehat. Anda yang biasanya disibukkan dengan pekerjaan, cenderung memilih untuk menunda makan dan melanjutkan pekerjaan Anda. Atau bagi ibu muda ketika seharian lelah beraktivitas dan menemukan bahwa malam hari adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri karena sang bayi sudah tertidur.

Jadi, bagaimana cara kita mengatasinya? Berikut ini ada 4 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa lapar di tengah malam:

1. Sarapan adalah sebuah keharusan

Salah satu kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan adalah menolak sarapan karena Anda sudah harus menghadapi jalanan, lalu lintas dan pekerjaan Anda hari itu. Anda harus merubah itu semua jika Anda ingin lebih sehat. Sarapan sehat di pagi hari tidak hanya menyuplai gizi yang bagus namun juga mengatur kadar gula dalam darah Anda agar tetap stabil. Yang akhirnya akan mencegah Anda untuk memesan junkfood di tengah malam karena sudah dipastikan Anda sudah kenyang.

2. Konsumsi makanan dengan fiber yang tinggi untuk makan malam

Selama makan malam Anda sebaiknya mengkonsumsi makan-makanan dengan kadar fiber yang tinggi untuk menekan keinginan ngemil Anda di tengah malam. Anda bisa memulai makan malam Anda dengan kacang-kacangan, sayur-sayuran (bisa dalam bentuk sup), salad atau konsumsi air putih yang banyak selama Anda menikmati makan malam Anda.

3. Mundurkan Jam Makan Malam Anda

Jika Anda biasanya makan malam jam 6 atau jam 7, kemungkinan besar Anda sudah kembali lapar jam 12 malam. Anda bisa mencegahnya dengan memundurkan jam makan malam Anda menjadi jam 8 atau jam 9 malam sehingga begitu waktu sudah larut, Anda sudah cukup kenyang.

4. Hindari Menyimpan Cemilan di Lemari Es

Bagi Anda yang terbiasa menyetok cemilan (kalau-kalau ada tamu datang berkunjung), cemilan bisa jadi kelemahan Anda jika Anda mendadak lapar di tengah malam. Anda bisa merubahnya dengan mengganti cemilan favorit Anda dengan cemilan yang tidak Anda sukai. Ini akan mencegah Anda untuk mengemil di tengah malam jika Anda kelaparan. Atau Anda bisa berhenti menyimpan cemilan di dalam rumah atau dalam jangkauan tangan sehingga ketika rasa lapar itu datang, sebuah cemilan tidak menanti Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s